Kereta Api Indonesia: Eksekutif? Bisnis? atau Ekonomi?

Tepatnya hari Rabu tanggal 16 Mei 2012 bertepatan dengan long weekend saya berencana pulang kampung ke Solo. Meskipun ke Solo, saya dapat tiket Senja Utama Jogja  itupun dengan susah payah.Jogja – Solo masih memerlukan waktu satu jam dari jogja dengan Prambanan Express. Perlu dicatat disini Tiket kereta Jakarta-Solo Habiiisss!!!!! aarrghh.,.  Tapi perlu saya akui sistem penjualan tiket kereta saat ini sudah menuju ke arah yang baik terlepas dari masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Apalagi rencana menerapkan sistem boarding  yang selama ini telah sukses diaplikasikan pada transportasi pesawat terbang.

Senja Utama Jogja ini adalah kereta api berlevel bisnis, begitu juga dengan Senja Utama Solo. Ini adalah kali kedua saya menikmati layanan kereta api bisnis, itupun baru beberapa waktu yang lalu, selebihnya kereta ekonomi dan eksekutif(biasanya berbau gratis baru naik ni kereta., haha).

Perbedaan kereta api ekonomi dan eksekutif terlihat jelas dari beberapa layanan kereta api eksekutif (asumsi Argo Dwipangga +-360rb perak harganya) yang tidak bisa dinikmati kereta api ekonomi yaitu AC, TV, kursi yang nyaman, selimut, colokan listrik, bersih dll. Kebalikannya kereta ekonomi (asumsi kereta Bengawan yang +-37rb perak harganya) layanannya tanpa AC, kursi berhadap-hadapan dengan penumpang lain sehingga kaki tidak leluasa bergerak, selimut dan bantal harus nyewa, banyak penjual dan pengamen disana sini dan yang pastinya kebersihan tidak terjamin. Tapi so far, selama saya dapat tempat duduk lets go aja.. .haha… abisnya ngiler ama harganya., ckck.. Saya pernah naik kereta ekonomi  lainnya yaitu Gajahwong Jkt-Jogja +- 120rb perak. Perbedaannya dengan Bengawan adalah, klo yang ini berAC.

Setelah beberapa tahun menikmati jasa PT. KAI, baru beberapa waktu belakangan ini menggungakan kereta api bisnis yaitu Senja Utama Solo maupun Senja Utama Jogja dengan biaya perjalanan +-195rb. Tentunya kereta api bisnis tingkat layanannya berada di antara eksekutif dan ekonomi, tapi menurut saya layanan jasa kereta api bisnis ini lebih dekat dengan layanan kereta api ekonomi padahal dari segi harga lebih dekat dengan eksekutif. Perbedaan yang sangat jelas itu adalah struktur penataan tempat duduk yang tidak saling berhadapan dengan penumpang lainnya. Indikator pembeda lainnya sama saja, non AC, penjual dan pengamen masih banyak, kursi keras, dan masih sangat jauh dari kata bersih.

     

                        Ekonomi >> sumber                                                        Ekonomi AC >> sumber

        

                         Bisnis >> sumber                                                         Eksekutif >> sumber

my note is: prioritas saya memilih jenis kereta itu mulai dari Kereta Api Ekonomi AC > Bisnis > Eksekutif > Ekonomi. Jikalau wacana tiket kereta ekonomi bisa via phone 121, kereta ekonomi bakal jadi prioritas nomer satu buat ane., hihi. Dikarenakan kendala waktu dll, ane susah nyari tiket langsung ke TKP alias stasiun,,. selalu kehabisan.

MAJU TERUS PT. KAI, tingkatkan terus layananmu…!!!

Artiket Terkait:

Kereta Api Indonesia: Kereta Ekonomi?? Why Not?

Pemesanan tiket Kereta Api Indonesia

Tips dan Trik Pemesanan Tiket Promo Kereta Api Indonesia

Artikel lainnya :

About these ads

One thought on “Kereta Api Indonesia: Eksekutif? Bisnis? atau Ekonomi?

  1. Pingback: Kereta Api Indonesia: Kereta Ekonomi?? Why Not!! « Catatan aditwahyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s