Pemesanan tiket Kereta Api Indonesia

Sebagai pelanggan Kereta Api Indonesia sejak beberapa tahun lalu, begitu terasa jelasnya perkembangan salah satu perusahaan BUMN ini. Salah satu hal terpenting dalam perkembangan mereka yang cukup pesat adalah bagaimana cara reservasi atau pemesanan tiket kereta api ini. Berikut ini gw akan cerita tentang pengalaman cara reservasi tiket kereta api jarak jauh ini. enjoyed..

  1. Internet Reservation / Pemesanan via InternetCara pemesanan via internet ini yang paling sering gw gunakan akhir-akhir ini. Kenapa? karena menurut gw, sementera ini cara ini yang paling cepat dan efektif. Apalagi semenjak pemesanan via internet ini didukung oleh pemilihan tempat duduk, brr.., semakain cinta dengan internet reservation ini.
    Internet reservation ini tentu saja pilihan awal via situs resmi PT.KAI >> tiket[dot]kereta-api[dot]co[dot]id . Sepertinya internet reservation ini banyak mengadopsi dari cara pemesanan tiket pesawat. Cara Pertama kita bisa memilih tanggal pemberangkatan, stasiun awal, stasiun akhir dan jumlah penumpang, kemudian klik “Tampilkan”. Akan muncul beberapa pilihan kereta pada hari itu, informasi nama kereta, jam dan harga ada disitu. Ada yang cocok? langsung klik “Booking”. Kemudian akan muncul halaman informasi reservasi, checklist syarat dan ketentuan reservasi dan klik “Lanjutkan”. Isi data pribadi kemudian klik selanjutnya, disana akan ada pilihan untuk memilih kursi dan penjelasan harga dan cara pembayaran. Konfirmasi reservasi akan dikirimkan ke email yang telah anda isikan. Catat kode pembayaran dan selanjutnya lakukan pembayaran melalui ATM atau e-banking yang anda miliki. Selesaaiii.., dan bukti pembayaran akan dikirim melalui email anda untuk ditukarkan di stasiun terdekat.
    Memang pemesanan dengan cara ini belum sesempurna pemesanan tiket pesawat. Masih terkesan tanggung untuk pengiriman “bukti pembayaran” ke email. Pertanyaan saya., kenapa tidak sekalian tiket saja?
    Tips : Pembelian via situs resmi PT. KAI sering sekali down ketika pemesanan-pemesanan “tiket sexy” seperti pemesanan tiket lebaran atau long weekend. Sering sekali mendengar cerita teman tidak mendapatkan tiket yang didambakan karena lelet dan keburu habis tiketnya. Tips dari gw sih, pesan aja di situs agen-agen pemesanan tiket lainnya., salah satunya tiket[dot]com. Kenapa? pertama, banyak yang belum tau pemesanan via situs lainnya sehingga kemungkinan untuk down kecil. Kedua pemesanan via situs ini bisa melakukan lock kursi sebelum pengisian informasi identitas. Tentu saja ini bermanfaat ketika akan terjadi “perebutan” kursi, hihi
    NB: Biaya tambahan via internet reservation di situs resmi PT. KAI adalah 7500 perak.
    Ada pilihan Eks(A)/Eks(H)/Eks(I)/Eks(J) atau Bis(A)/Bis(H)/Bis(I)/Bis(J) yang muncul dalam pilihan booking kereta yang kita inginkan, dan masing-masing harganya berbeda mulai dari yang termurah (J) sampai yang termahal (A). Apa maksudnya? kemarin gw menelpon hotline PT KAI dan mereka menjelaskan hal itu indikatornya lokasi tempat duduk pada gerbong. Semakin dekat dengan WC semakin murah harga tiket alias masuk ke kategori (J), semakin menengah semakin menuju (A) katagorinya., hihi
  2. Contact Center Reservation / Pemesanan via Telepon
    Pemesanan via telepon ini cukup lama gw gunakan. Tapi akhir-akhir ini mulai gw tinggal semenjak internet reservation bisa memilih tempat kursi yang akan kita beli.
    Cara pemesanan via telepon ini tentu saja kita menghubungi hotline 021-121. Kemudian ikuti instruksi dan akan ada pertanyaan identitas diri yang hampir sama komponennya dengan pemesanan via internet. Kemudian anda akan diberikan kode pembayaran dan kode booking untuk selanjutnya dibayarkan melalui ATM dan e-banking. Tidak ada konfirmasi email dalam pemesanan via ini. Bukti pembayaran via ATM inilah yang akan dijadikan bukti pembayaran untuk selanjutnya ditukarkan ke stasiun terdekat.
    Tips: Siapkan KTP, alat tulis dan kertas sebelum melakukan reservasi. Siapkan pula dengan jelas nama kereta yang anda inginkan beserta waktu yang dapat dilihat jadwalnya via website agar waktu pemesanan bisa lebih singkat alias hemat pulsa, hihi.
    NB: Untuk pemesanan “tiket sexy” sering sekali hotline ini tidak bisa dihubungi karena terjadi overload penelpon (mungkin).
  3. Datang langsung ke stasiun online
    Pemesanan dengan cara ini jarang sekali gw gunakan, mungkin cuma sekali. Jadi mungkin gk bisa cerita banyak mengenai pemesanan datang langsung ini. Bekal yang anda siapkan untuk pemesanan ini -mungkin- dengan membawa uang kas, Kartu identitas beserta salinanya ditambah dengan kesabaran (jika antri).hihi
    Meskipun terkesan tidak efektif lagi -menurut saya-, perkembangan layanan di stasiun juga terlihat kontras dengan beberapa tahun yang lalu. Pelayan dalam pemesanan tiket ini tidak lagi se”galak” pemesanan tiket beberapa tahun yang lalu. Saat ini, mereka siap tegas dan ramah dengan senyuman yang menawan khas. Dan yang lebih utamanya lagi, PT KAI mungkin sengaja mengikuti gaya kerja pelayanan bank. Mereka merekrut pegawai yang masih muda cantik-canti maupun ganteng dan tentunya pintar untuk dipajang sebagai front liner pemesanan tiket. Jadi mengurangi rasa bete ketika antri deh., hihi..
  4. Datang langsung ke Agen KAI
    Ada beberapa agen resmi KAI antara lain Alfamart, Indomaret, PT. Pos Indonesia dll. Pemesanan dengan cara ini tidak pernah saya lakukan, jadi jujur saja saya tidak tau bagaimana prosedur pemesanan tiketnya. Tapi kemungkinannya sih bekal yang anda bawa hampir sama dengan bekal pada saat pemesanan ke stasiun online yaitu Uang kas, Kartu identitas beserta salinanya ditambah dengan kesabaran (jika antri). hihi
  5. e-mail Reservation
    Pemesanan via ini baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu, tapi sampai sekarang sepertinya sosialisasinya belum gencar jadi ya gw belum tau gimana cara pemesanannya.
  6. Reservasi lainnya
    Banyak inovasi keren laiinya dari PT KAI seperti pemesanan via RailBox, Mobile ticketing Online, aplikasi di Android, iOS, Blackberry dll. Tapi sepertinya inovasi itu masih belum berjalan dengan lancar karena budaya masyarakat kita masih belum bisa menjangkau cara-cara seperti itu. Atau sosialisasinya yang kurang?? entahlaah..

My note is : Salut sama perkembangan PT KAI., lagi dan lagi. Semoga masih banyak inovasi dari PT KAI yang bisa diaplikasikan dengan baik biar bisa makin Joss… Sekian.

Artiket Terkait:

Kereta Api Indonesia: Eksekutif? Bisnis? atau Ekonomi?

Kereta Api Indonesia: Kereta Ekonomi?? Why Not?

Tips dan Trik Pemesanan Tiket Promo Kereta Api Indonesia

Artikel lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s