Manfaat Kopi

images

Selama ini kita selalu ditakut-takuti ”jangan minum kopi karena kopi mengandung kafein yang berbahaya bagi kesehatan”. Dan kita lalu punya guilty feeling setiap kali menenguk secangkir kopi. Namun kini ada kabar baik bagi tea and coffee lovers. Para peneliti di Australia baru-baru ini menemukan bahwa konsumsi secangkir kopi atau teh setiap hari mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2. ”Secangkir kopi setera dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 2% ,” kata Racel Huxley, salah seorang peneliti dari University of Sydney.


Sementra itu Prof Dr Ir Deddy Muctadi dari Fakultas Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor baru-baru ini mengatakan bahwa kopi memunyai efek stimulan selain sumber antioksidan. Kopi membatu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menghilangkan rasa lelah dan kantuk , dan merecahkan suasana hati. Sementara itu kandungan pofenol dalam kopi merupakan kuat yang membasmi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Kalau selama ini perhatian hanya ditunjukan pada kandungan kafein, ternyata para ahli Australia tersebut menemukan bahwa kopi juga mengandung magnesium, lignan, asam klorogenat yang menurut Rachel bermanfaat dalam pengaturan gula darah dan pelepasan insulin, sehingga efektif mencegah diabetes tipe 2.

Dalam penemuan The American Association for Cancer Research baru-baru ini dilaporkan bahwa konsumsi teratur kopi mampu mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat. Penemuan selanjutya menemukan bahwa kopi juga menghambat penyakit liver, alzheimer, stroke, dan parkinson. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyimpulkan bahwa kopi tidak membuat penggemarnya menjadi kecanduan, tidak menyebabkan kropos tulang (osteoporosis), meningkatkan tekanan darah maupun jantung koroner. Hal ini disebabkan kandungan alam fenolat di dalam kopi yaitu polifenol yang besifat antioksidan. Namun perlu diketahui jangan minum kopi berlebihan , cukup secangkir perhari!

my note is :
Sumber tulisan :
NIRMALA Magazine April 2010; Sumber gambar : google image.

Artikel lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s