Saatnya jadi Pemilih yang Aktif dan Cerdas. NO GOLPUT…!!

Image

Oke., sering liat di media kalau lembaga DPR/ DPRD maupun DPD di demo karena ulah para anggota legislatif di dalamnya. Gw rasa, salah satu alasannya yaitu pemilih masih cenderung menjadi pemilih pasif atau hanya menerima kampanye kampanye yang “nggak cerdas” dari para caleg kaya iklan di media, spanduk atau baliho dll yang mengotori pemandangan jalan atau bahkan cara kampanye gelap dengan make duit.

Menurut gw kalau kita masih jadi pemilih pasif, kita nggak berhak 100% untuk nuntut/ demo kinerja anggota legislatif yang telah kita pilih. Apalagi Golput, hak mereka untuk nuntut legislatif mungkin 0%., hihi,.

Oke., dengan semangat perbaikan bangsa kita ini kita harus menjadi pemilih aktif dan cerdas!! Bagaimana caranya untuk jadi pemilih aktif dan cerdas?? Ini point-pointnya:

  1. Cek data sebagai DPT.
    Untuk melakukan pengecekan DPT, KPU sudah menyediakan banyak media untuk masyarakat cek data diri. Salah satunya pengecekan secara mandiri melalui website KPU dengan cara mengisi Nomor Induk Kependudukan kalian.
  2. Mengenali partai politik
    Pemilu 2014 Indonesia ini ada 15 partai politik yang menjadi peserta. Daftar 15 partai Pemilu 2014 tersebut antara lain:
    partai
  3. Mengenali Calon Legislatif/ Calon Eksekutif yang ada.
    Oke, mungkin saat ini kebanyakan masyarakat mengenal calon anggota legislatifnya melalui iklan. Padahal caleg yang baik belum tentu mempunyai dana untuk mengeluarkan biaya iklan yang relatif mahal. Selain itu, sebagian besar dari kita ketika masuk bilik dan membaca daftar nama caleg di kertas suara, banyak nama yang tidak kita kenal.
    Nah., buat menjadi pemilih yang aktif dan cerdas. Sebaiknya jauh hari sebelum masuk bilik, kita menelusuri kiprah atau latar belakang para caleg tersebut. Caranya melihat daftar caleg di dapil anda akan gw share disini.
    Website KPU
    Setelah masuk ke website
    KPU, disana bakal ada Daftar Calon Tetap Anggota DPR RI Pemilu Tahun  2014 berdasarkan Dapil. Tinggal klik Dapil kalian, nanti akan ada output file pdf berbentuk seperti kertas pemilihan berisi daftar partai bersama calegnya
    Website Jariungu
    Di situs independen ini juga menyediakan data mengenai caleg pemilu 2014. Data 145.213 caleg DPR-RI, DPD-RI, 31 DPRD Provinsi dan 286 DPRD Kab/Kota ada di sini!. Kalau menurut gw pencarian caleg disini lebih user friendly. Di website ini, pencarian berdasarkan dimana kita tinggal.
     
  4. Menelusuri latar belakang dan kiprah Caleg
    Setelah udah dapat data caleg dari kedua website diatas maupun dari sumber lainnya, saatnya menjadi kepoers (positif) yang cerdas. Dengan internet alias mbah google, kita bisa mencari latar belakang mereka, pemberitaan media selama ini maupun jejak kinerja mereka. Nah dari hasil kepo ini, gw yakin pilihan kita akan calon legislatif akan mengerucut ke caleg2 yang berkualitas menurut kalian.
  5. Tentukan Pilihan
    Gunakan hati dan otak yang cerdas untuk memlih para caleg. Karena masa depan bangsa ada di tangan kita..!!!

my note is :
semoga membantu..!! Aku Cinta Indonesia…

indonesia6

 

Artikel lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s