Fakta Tersembunyi Karimun Jawa – Surganya Jawa Tengah Indonesia –

IMG_20140401_203903

Ok., mimpi gw bertahun-tahun ke tempat ini akhirnya terkabul. Dan gw puas banget dengan keindahan tempat ini setelah 3 Hari 2 Malam bercengkrama dengannya. Kali ini yang mau gw share bukan cerita kronologi liburan ini, tapi beberapa hal yang awalnya gw gak tau tentang karimunjawa, dan setelah perjalanan kemarin jadi tau. Gw namain Fakta Tersembunyi Karimun Jawa, Ini dia daftarnya:

  1. Karjaw ini terdiri dari 27 pulau
    Setelah ngobrol sama guide nya, Karimunjawa ini merupakan satu kepulauan yang terdiri dari 27 pulau yang berpusat di Pulau Karimun Jawa. Dari 27 pulau ini hanya 5 pulau yang berpenghuni, Pulau Karimun Jawa itu sendiri, Pulau Nyamuk, Parang, Genting, dan Pulau Kemujan yang -hampir- menyatu dengan pulau Karimun Jawa.
  2. Karjaw punya Bandara
    Setibanya di pelabuhan, kami menuju homestay dengan jemputan. Di persimpangan terlihat rambu-rambu lalu lintas bertuliskan “Bandara 22 km”. Wiiwww.,. ada dua hal yang dapat gw tau dr tulisan ini. Yang pertama ternyata luas juga ya pulau ini, sampai ada jalan yang melebihi jarak antar kota kabupaten di Jawa Tengah. Yang kedua yaitu Bandara, Bandara Dewandaru Karimun Jawa namanya. Letaknya sendiri di Pulau Kemujan yang bersebelahan dengan Pulau Karimun Jawa. keren juga ya., hihi
  3. Listrik di Karjaw terbatas
    Jam 18.00-24.00 listrik mulai dihidupkan. Ya, cuma 6 jam listrik di karimunjawa dapat digunakan, selebihnya hanya pasrah tanpa listrik., hihi. Tapi ada beberapa hotel yang menggunakan pembangkit listrik sendiri, jadi ya bisa 24 jam On terus.
  4. ATM di Karjaw
    Sempat khawatir dengan persediaan uang cash karena gw males megang cash terlalu banyak di dompet. Jadi ya lumayan ketergantungan dengan ATM ini. Tapi kekhawatiran itu hilang setelah dapat info dari orang asli Jepara di pelabuhan Kartini kalau di Karjaw ada ATM. Dan ternyata memang benar, ada ATM bahkan kantor cabang BRI. Jadi aman bagi yang setipe dengan ane., hehe
  5. Karjaw itu Kecamatan
    Ternyata Karimun Jawa itu salah satu kecamatan di Kab. Jepara. Jadi disana ada kantor camatnya juga beserta balai-balai yang berhubungan dengan kecamatan.
  6. Pendidikan di Karjaw
    Di kecamatan karimun jawa ini terdapat beberapa sekolah SD, SMP dan SMK yang ada di 5 pulau terbesar. Sedihnya tidak setiap pulau memiliki fasilitas pendidikan lengkap dari SD hingga SMA, jadi konsekuensinya anak seumur jagung begitu harus berkorban berpisah dengan orang tuanya untuk mengenyam pendidikan di pulau orang lain atau bahkan hingga ke Pusat Kabupaten Jepara di Pulau Jawa.
  7. Homestay
    Hampir setiap rumah penduduk pulau KarimunJawa ini dimultifungsikan sebagai homestay. Hal ini dipersiapkan dengan menyediakan ruangan pribadi untuk pemilik rumah di bagian belakang rumah jika rumah mereka sedang disewa. Pengelolaan homestay inipun sepertinya sudah terorganisir dengan baik dalam hal konsumsi pengunjung, agen yang menggunakan maupun transportasi yang digunakan oleh pengunjung.
  8. Alun-alun
    Siapa sangka pulau ini memiliki Alun-Alun yang cukup besar layaknya alun-alun yang berada pusat kota kabupaten. Alun-alun yang berada di pulau karimunjawa ini terletak di pinggir pelabuhan dan berada di pusat pemerintahan kecamatan Karimun Jawa. Setiap malam, di alun-alun ini kita dapat menemukan aneka jajan maupun oleh-oleh khas Karimun Jawa.
  9. Kecamatan 5 kelurahan
    Kecamatan Karimun Jawa ini punya 5 Kelurahan yang berpencar di ke27 pulau tersebut. Kayaknya sih kelurahannya itu ya di pulau2 yang berpenduduk.

my note is :
Daripada jauh-jauh ke Manado, Lombok, Bali bahkan Raja Ampat., Karimunjawa bisa lah jadi alternatif buat snorkeling lovers di Jawa jika kantong tipiis., hihi.
Ohya, kalau pertama kali ke KarimunJawa bagusnya sih via agen2 wisata aja, lebih efektif ntar liburannya. -IMO-

Artikel lainnya :

 

One thought on “Fakta Tersembunyi Karimun Jawa – Surganya Jawa Tengah Indonesia –”

  1. waaah,, makasih infonya bro🙂
    listrik= kemarin ada wacana listrik karimunjawa bakalan naik hampir 3x harga normal, syukurlah temen2 dijepara mendukung aksi demo kami🙂

    Terima Kasih sudah berkunjung ke karimunjawa ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s