Desa Sukarara, Pusatnya Tenun khas Lombok!

20140131_131037Kali ini kami diantar oleh pak Agus(guide)  ke desa tempat beliau tinggal, Desa Sukarara. Jujur aja nama desa ini sama sekali belum pernah gw denger, jadi nggak ada bayangan sama sekali sama apa yang khas dari Desa Sukarara ini. Trip ke desa gini jadi salah satu trip favorit gw. Trip jenis-jenis ini bikin kita jadi lebih tau budaya masyarakat sekitar desa secara langsung. Selain itu pemandangan sawah dan rumah dalam perjalanan kesana menjadi daya tarik sendiri bagi gw.

Desa Sukarara ini terletak di kecamatan Jonggat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jalan menuju desa ini bisa dikatakan relatif gampang dan tak asing karena jalur yang digunakan adalah jalur utama dari Mataram menuju Lombok International Airport di Praya. Untuk kasih gambaran, gw ambil peta via google maps make jalur Mataram-Desa Sukarara-Bandara Lombok.

UntitledDi salah satu pertigaan jalan perjalanan kami dari Mataram, Pak Agus mengambil jalan belok kiri ke arah perkampungan. Jelas ini jalan menuju Desa Sukarara, dan benar kata beliau tidak lama lagi kita akan sampai ke desa Sukarara. Yang menjadi perhatian gw ketika berada di jalan perkampungan ini adalah Masjid, ya di pulau seribu masjid ini memang jumlah masjidnya buaanyaaak,. dan kegiatan warga di sekitaran masjid pun cukup menarik. Ketaatan ibadah sholat berjamaah beserta pakaian rapi kental berbudaya di masyarakat sekitar. Rasa bangga pun muncul, Indonesia memiliki dua pulau indah yang saling bersebelahan yaitu Lombok dan Bali. Ketika Bali disebut “Pulau seribu Pura”, Lombok pun sering dikenal dengan “Pulau seribu Masjid”. Indahnya perbedaan!!

Akhirnya kami pun sampai ke sebuah bangunan cukup besar khas Lombok, “Patuh Cooperative”. Patuh ini merupakan pusat kerajinan handycraft khas Lombok. Kata salah satu pegawai, Patuh ini merupakan pusat showroom dari semua hasil kerajinan yang dikerjakan oleh masyarakat sekitar di rumah mereka masing-masing. Jadi kalau ditanya masalah harga, jawabannya pasti menggembirakan,. hihi. Ohya, disini kalian juga bisa melihat secara langsung Ibu-Ibu profesional yang menenun dengan anggunnya., haha. Selain itu kita juga bisa mencoba pakaian adat Lombok secara gratis!! Bilang aja ke salah satu pegawainya, atau biasanya ditawarin kok (sayangnya gw gk nyoba karena masalah waktu., hiks).

20140131_123735   20140131_131053
Selesai berbelanja akhirnya kami lanjutkan perjalanan ke Bandara Internasional Lombok di Praya. Satu hal yang menarik sepanjang perjalanan dari Desa Sukarara ke BIL adalah banyak anjing liar nya..,!! bwrrr. Kata Pak Agus, sering dilakukan pemburuan anjing liar masal yang dilakukan pemerintah daerah, tapi anjing liarnya nggak habis-habis juga., hihi.

my note is : Kalau berlibur di Lombok, jangan lupa mampir ke Desa Sukarara ini ya., Dijamin Nggak Nyesel..!!!
Lihat Cerita Bali dan Lombok Trip yang lainnya >> klik.

Artikel lainnya :

One thought on “Desa Sukarara, Pusatnya Tenun khas Lombok!”

  1. Kalau mau berlibur ke lombok jangan lupa mampir ke Sukarara lewat per3an BIL Tandek ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s