Wisata Kuliner Solo: Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

margoyudan

Mari bercerita tentang gudeg terenak versi gw, Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan. Meskipun punya darah setengah Jogja setengah Solo, sejatinya gw nggak terlalu suka sama Gudeg, makanan khas kedua daerah tersebut. Tapi suatu ketika, rombongan teman-teman (yang berasal dari luar kota) mengajak mampir ke tempat kuliner melegenda di kota Solo ini, yaudah ngikutin aja.

Kala itu waktu menunjukan pukul 00.40 dinihari dan rombongan menuju TKP sekitar 01.05. TKP yang seharusnya terdapat tenda warung gudeg legenda ini masing kosong, hanya terdapat seorang bapak muda yang menyapu sekitaran calon tempat tenda warung. Ok, kita tunggu sembari ngobrol karena kabarnya jam buka mulai pukul 01.30. Ada beberapa hal yang gw kagumi dalam 25 menit nongkrong melihat persiapan warung tersebut menerima pelanggan.

  1. Persiapan menuju jam buka sangat rapi, tak ada kekeosan sedikitpun. Para pegawai mengerjakan tugasnya masing-masing dengan cepat dan profesional., hihi. Ada yang memasang tenda, mengangkat perkakas seperti kursi, meja dengan menggunakan gerobak. Setelah tenda terpasang dan sudah siap, muncul gerobak yang berisi beberapa baskom berisi gudeg, krecek, bubur, nasi, daging ayam dll.
  2. Ketika jam menunjukan pukul 01.30, seketika banyak pengunjung yang memarkirkan mobilnya di sekitaran tenda. Bukan hanya satu dua mobil., buanyaaaak. Agak kaget juga yang awalnya sepi nyenyet tiba tiba jadi rame dan nggak terlihat seperti dinihari. Dan seketika juga kursi di tenda sudah penuh terisi pelanggan yang menanti gudeg benar-benar siap dihidangkan.
  3. Dan pamungkasnya di 01.30 lebih dikit adalah datangnya Bu Kasno yang siap menghidangkan gudeg ceker dll kepada pelanggan yang sudah mengantri.

Warungnya buka dini hari dan ramainya bukan main. Pertanyaan intinya adalah, Seberapa hebatnya cita rasa gudeg ini?? Jawabannya ENAAAAK SANGAAT.. nggak rugi melek dinihari buat ngantri gudeg ini. Cekernya beuh,. andalan.

Ohya, kalau ada temen luar kota yang main di Solo, Gudeg Ceker Bu Kasno ini jadi salah satu tempat yang bakal gw datangi untuk menjamu mereka. Awalnya sih mereka malas dan ngantuk disuruh melek dan keluar dini hari. Tapi setelah merasakan gudeg legenda kota Solo ini, ketagihan lah mereka.., haha.

Jadi kalau kalian sedang berada di solo, wajib mengunjungi kuliner khas andalan Kota Solo Warung Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan di Jl. Monginsidi Solo mulai pukul 01.30 WIB dini hari.

NB: Setelah lebih dari 5 kali mengunjungi warung ini, belum pernah merasakan makan tanpa antri. Selalu antri panjaaaang, tapi terbayarkan.

Artikel lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s